Mengenal Fancy Cut Diamond Perhiasan Anti Mainstream

Ketika Anda akan mau membeli perhiasan berlian, akan ada banyak istilah yang akan Anda temukan, dan salah satunya adalah fancy cut diamond

Yang mana istilah tersebut juga mesti Anda pahami ketika mau membeli perhiasan berlian, dan sama pentingnya dengan memahami faktor 4C (color, cut, carat, clarity) pada sebuah perhiasan berlian.

Apa itu fancy cut, dan mengapa ini menjadi penting dipahami ketika membeli perhiasan berlian? Jawabannya bisa Anda simak di bawah ini. 

Definisi Fancy Cut Diamond

Fancy cut diamond sendiri merupakan sebuah istilah yang sering digunakan dalam dunia perhiasan batu permata, untuk menggambarkan potongan berlian yang tidak dikategorikan sebagai potongan yang konvensional. 

Diluar potongan berlian yang tradisional seperti bentuk bulat (round brilliant), fancy cut ini didesain untuk memberikan tampilan perhiasan yang unik dan juga menarik. 

Tambahan beberapa elemen bentuk dan artistik, menjadikan fancy cut ini menjadi terlihat berbeda dari desain potongan berlian pada umumnya. 

Berbagai Bentuk Berlian dengan Fancy Cut

Setidaknya ada beberapa bentuk berlian dengan fancy cut yang sedang populer saat ini. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Marquise Cut Diamond

Pertama, ada marquise cut diamond yang menawarkan potongan berlian dengan menyerupai bentuk perahu, yang bagian samping dibuat seperti membulat dan memiliki kedua ujungnya yang dibuat meruncing. Beberapa juga berasumsi bahwa potongan berlian ini menyerupai bentuk daun yang sangat menarik.

  • Princess Cut Diamond

Selanjutnya ada princess cut diamond, atau biasa juga dikenal sebagai square cut diamond, yang sedang populer belakangan ini. 

Memiliki potongan berlian berbentuk persegi dengan ujung yang dibuat meruncing, membuat potongan ini begitu terlihat unik. 

Salah satu daya tarik utama dari potongan berlian yang satu ini adalah kualitas kilaunya, bisa mendekati apa yang ditawarkan oleh potongan round cut.

  • Pear Cut Diamond

Pear cut diamond kalau dilihat sepintas akan terlihat mirip dengan apa yang ditampilkan oleh marquise cut diamond. Namun kalau dilihat secara mendetail, pear cut ini hanya memiliki satu bagian ujungnya saja yang dibuat meruncing. 

Sehingga visual yang ditampilkan, akan nampak seperti buah pir atau tetesan air mata, yang sangat terlihat artistik. Menggunakan potongan berlian yang satu ini, akan menambah nilai keanggunan pada penampilan Anda.

  • Oval Cut Diamond

Berlian dengan potongan oval cut ini, memiliki bentuk yang bulat yang lebih lonjong, tidak bulat sempurna seperti potongan round cut. Beberapa perhiasan mahal belakangan ini, selalu mengaplikasikan potongan berlian yang satu ini, karena dinilai memiliki tingkat kecemerlangan yang tinggi.

  • Cushion Cut Diamond

Cushion cut diamond mengusung berlian dengan bentuk persegi panjang, namun dengan bagian ujungnya yang nampak membulat. Dengan begitu, kalau dilihat, potongan berlian ini akan nampak seperti sebuah bantal yang biasa kita pakai untuk tidur. 

  • Emerald Cut Diamond

Emerald cut diamond mulanya hanya diterapkan pada batu berjenis zamrud dan juga batu emerald. Namun belakangan ini, potongan ini juga sudah mulai banyak diaplikasikan kedalam potongan perhiasan berlian yang kekinian. 

Anda dapat mengenali potongan berlian ini dari bentuknya yang seperti persegi panjang, dengan tambahan undakan di dalam desainnya. 

Seperti itulah kiranya pembahasan mengenai hal-hal apa saja yang harus Anda ketahui tentang fancy cut diamond ini. 

Apakah Anda sudah mulai tertarik untuk memiliki perhiasan berlian dengan potongan yang tak biasa ini? Bila jawabannya iya, maka bisa mengunjungi toko perhiasan MONDIAL Jeweler sekarang juga. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *