Jika Kaki Bengkak Saat Hamil Begini Solusinya

Masa kehamilan adalah saat yang ditunggu-tunggu bagi mereka yang ingin hadirnya momongan. Namun pada masa kehamilan ada kalanya mengalami hal yang tidak diinginkan dan tidak diduga, salah satu contohnya yaitu kaki bengkak saat hamil. Fenomena seperti ini tentu saja membuat paning, terlebih untuk mereka yang masih pertama kali mengalami kehamilan.

Lantas bagaimana cara mengatasi kaki bengkak saat hamil tersebut? Beberapa diantaranya cara untuk mengatasinya yaitu bisa Anda lihat dibawah ini;

Mengurangi Asupan Natrium 

Jika Anda mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan garamnya, bisa membuat tubuh menahan air jadi lebih banyak. Maka dari itu untuk mengatasi kaki bengkak maka ada baiknya bagi ibu hamil mengurangi asupan natrium atau garam dengan cara menghindari makanan kaleng atau olahan.

Mengurangi Asupan Kafein

Minuman berkafein contohnya seperti teh dan kopi memang diperbolehkan dikonsumsi oleh ibu hamil. Akan tetapi kalau mengonsumsi kafein secara berlebihan maka bisa menyebabkan kaki semakin bengkak.

Perbanyak Minum Air

Meskipun kaki bengkak dikarenakan penumpukan cairan, ini bukan berarti ibu hamil harus mengurangi minum air putih. Bahkan pada saat tubuh mendeteksi dehidrasi, tubuh kemudian akan menahan lebih banyak cairan digunakan dalam menjaga keseimbangan tubuh. Bagi ibu hamil sebaiknya disarankan untuk memenuhi cairan tubuh, minimal ini untuk 10 gelas dalam setiap harinya.

Tingkatkan Konsumsi Potasium atau Kalium

Kalium sebagai salah satu nutrisi yang cukup penting dibutuhkan oleh para ibu hamil dalam menjaga keseimbangan jumlah cairan yang ada di dalam tubuh. Kalau kekurangan kalium pada tubuh dapat menjadikan pembengkakan semakin parah.

Rutin Melakukan jalan Kaki

Dengan Anda melakukan jalan kaki sekitar 5 sd 10 menit beberapa kali dalam waktu sehari tentu saja dapat membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga ini membuat pembengkakan kaki bisa berkurang dan dapat Anda lakukan secara rutin selama dalam masa kehamilan.

Hindari Berdiri Terlalu Lama

Jika Anda berdiri terlalu lama pada masa kehamilan, maka dapat membuat kaki jadi bengkak.  Dalam hal ini untuk menghindari kaki bengkak Ibu hamil dapat mengusahakan duduk dengan kaki terangkat atau dengan posisi kaki lebih tinggi dari jantung pada saat duduk. Posisi tersebut tentunya dapat membantu Anda untuk memperlancar sirkulasi darah supaya tidak menumpuk.

Nah itulah solusi untuk Anda jika kaki bengkak saat hamil dan jangan lupa siapkan popok terbaik untuk sikecil, pastikan menggunakan MAKUKU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *