Tips Sebelum Ajukan Pinjaman Dana Tunai Jaminan BPKB Mobil

BPKB (Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor) merupakan salah satu surat berharga yang bisa dijadikan jaminan untuk mengajukan pinjaman dana tunai. Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan limit yang tinggi jika menjadikan BPKB mobil sebagai jaminan. Namun seiring dengan hal tersebut, Anda juga harus memahami risiko pinjaman dana tunai jaminan BPKB mobil yaitu penyitaan. Untuk meminimalisir risiko tersebut, simak tips yang diberikan berikut ini:

Pastikan Lembaga yang Dipilih Legal

Langkah awal yaitu memilih lembaga legal. Apalagi Anda akan menyerahkan dokumen berharga, jadi pastikan kredibilitas lembaga yang dipilih. Lembaga harus sudah terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan) agar Anda mendapatkan perlindungan. 

Pelajari Produk Pinjaman

Setelah menemukan lembaga pembiayaan yang tepat, selanjutnya pelajari produk pinjaman jaminan BPKB mobil. Sesuai namanya, hanya BPKB saja yang akan diserahkan kepada pihak kreditur. Jadi Anda tetap bisa menggunakan mobil untuk aktivitas sehari-hari. Itu juga yang menjadi keuntungan pinjaman ini.

Pahami Kebijakan Lembaga Kredit

Setiap bank atau lembaga pembiayaan memiliki kebijakan masing-masing. Oleh sebab itu, Anda harus paham setiap istilah dan kebijakan yang digunakan. Terutama masalah bunga, denda keterlambatan, dan biaya lain-lain.

Lakukan Simulasi Kredit

dana tunai jaminan bpkb mobil

Agar Anda terhindar dari risiko penyitaan, maka ajukan pinjaman sesuai dengan kemampuan. Besar pinjaman yang dianggap paling ideal adalah 30% dari pendapatan per bulan. Lakukan simulasi untuk memastikan cicilan bulanan tidak lebih besar dari angka tersebut. 

Bayar Tepat Waktu

Disiplin membayar cicilan merupakan langkah wajib agar pinjaman Anda tidak mengganggu keuangan. Jika sudah telat membayar cicilan, maka Anda akan kesulitan untuk membayar cicilan selanjutnya. Apalagi adanya denda membuat beban cicilan bulanan semakin besar. Aktifkan fitur pengingat agar Anda tidak lupa membayar cicilan. 

Itulah tips sebelum ajukan pinjaman dana tunai jaminan BPKB mobil yang perlu Anda lakukan. Rekomendasi lembaga pembiayaan legal yang menawarkan produk tersebut adalah Kreditplus. Selain syarat dan ketentuan mudah, perusahaan satu ini juga menawarkan suku bunga ringan. Besar suku bunga yang diterapkan yaitu mulai dari 0,8% sampai dengan 1,6% per bulan untuk tenor di atas 1 tahun. Informasi selengkapnya bisa Anda lihat melalui website Kreditplus secara langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *