Cara Daftar Student Exchange Bagi Mahasiswa UI

Semua orang pasti ingin memiliki pengalaman kuliah di luar negeri. Namun biaya pendidikan dan biaya hidup yang tinggi membuat banyak orang mengurungkannya. Tenang saja, meskipun study in Indonesia atau menempuh pendidikan di Indonesia, Anda tetap berkesempatan untuk mendapatkan pengalaman kuliah di luar negeri. Salah satu caranya yaitu dengan mendaftar student exchange atau pertukaran mahasiswa.

Universitas Indonesia atau UI merupakan salah satu kampus di Indonesia yang menawarkan program student exchange. Jika Anda mahasiswa UI, maka Anda berkesempatan untuk mengikuti pertukaran mahasiswa. Berikut ini adalah langkah-langkah dan cara pendaftarannya:

Cari Tahu Niat dan Tujuan Mendaftar

study in Indonesia

Langkah awal yang perlu Anda lakukan ketika berniat mendaftar student exchange adalah mencari tahu niat dan tujuan mendaftar. Dengan mengetahui niat dan tujuan tersebut, Anda bisa memiliki keyakinan dan kemantapan. Anda juga perlu mengetahui negara mana yang ingin dijadikan tujuan dan mata kuliah apa yang akan dipelajari di sana. Pastikan Anda paham apa kelebihan dan kekurangan melakukan student exchange.

Lakukan Riset Mengenai Program Exchange

Setelah mantap memutuskan mendaftar student exchange, selanjutnya Anda harus melakukan riset mengenai program exchange. Cari informasinya melalui International Office (IO) dari UI. Apakah ada program yang sedang dibuka atau tidak. Jika ada program yang dibuka, lihat kualifikasi yang diminta. 

Sesuaikan jurusan, mata kuliah, dan jenis program yang dibuka dengan passion serta tujuan Anda.Jangan lupa juga untuk mengecek lokasi kampus dan kota tempat Anda akan tinggal. Semuanya harus dilihat dengan baik agar Anda tidak kecewa nantinya.

Belajar untuk Tes Bahasa

Syarat wajib yang harus dimiliki oleh calon mahasiswa exchange adalah kemampuan bahasa asing. Anda harus lulus tes TOEFL atau IELTS dengan skor tertentu. Sebelum tes, pastikan Anda belajar dengan rajin agar lulus. Pasalnya banyak juga yang gagal saat tes bahasa. Jika perlu, Anda bisa mengikuti kursus yang diadakan oleh LBI (Lembaga Bahasa Internasional) UI.

Siapkan Dokumen dan Berkas yang Dibutuhkan

Beberapa dokumen yang dibutuhkan saat mendaftar exchange yaitu CV (Curriculum Vitae), motivation letter, surat keterangan mahasiswa aktif, transkrip nilai, dan hasil tes TOEFL. Motivation letter merupakan salah satu tantangan bagi mahasiswa yang akan mendaftar exchange. Jadi pastikan mempelajari cara membuatnya dengan baik.

Selalu Update Informasi dari International Office UI (IO UI)

Informasi seputar program student exchange selalu diperbarui. Oleh sebab itu Anda harus selalu update mengenai informasinya. Informasi tersebut bisa didapatkan melalui International Office. Tanyakan apa saja yang menurut Anda kurang jelas. Kalau perlu, tanyakan juga program yang sedang berjalan. Siapa tahu lebih cocok untuk Anda.

Tahapan Seleksi

International Office adalah pihak yang akan melakukan seleksi pada mahasiswa yang mendaftar program exchange. Salah satu tahapan yang akan Anda lalui adalah wawancara. Semua kemungkinan bisa terjadi pada tahap ini. Jadi persiapkan diri sebaik mungkin.

Cari Informasi Beasiswa

Pihak International Office akan memberikan pengumuman siapa yang lolos dan tidak lolos seleksi. Jika lolos seleksi, jangan lupa mencari informasi beasiswa. Akan lebih baik jika mendapatkan beasiswa fully-funded. Tanyakan pada International Office mengenai beasiswa yang bisa Anda daftarkan agar biaya exchange lebih terjangkau.

Itulah cara daftar student exchange bagi mahasiswa UI atau Universitas Indonesia. Jadi meskipun study in Indonesia, Anda tetap berkesempatan untuk kuliah di luar negeri. Jika membutuhkan informasi lain seputar Kampus Kuning ini, Anda bisa mencari informasinya di website www.ui.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *