4 Penyebab Mata Iritasi yang Perlu Anda Ketahui

Saat mata terkena iritasi, biasanya akan muncul gejala-gejala seperti mata yang terasa tidak nyaman, terlihat kemerahan, dan juga berair. Pada umumnya, gejala mata iritasi tersebut sama saja. Namun ternyata, hal-hal yang menyebabkan iritasi bisa berbeda-beda. Apakah Anda penasaran dengan berbagai hal yang menyebabkan iritasi? Simak di sini!

4 Penyebab Mata Iritasi yang Perlu Anda Ketahui

Langsung saja, berikut ini adalah berbagai hal yang bisa menyebabkan mata menjadi iritasi:

1. Virus dan Bakteri

Salah satu penyebab iritasi pada mata yaitu virus dan bakteri. Pada umumnya, iritasi yang disebabkan virus atau bakteri membuat konjungtiva mata menjadi kemerahan. Bahkan, bagian kelopak mata menjadi bengkak. Biasanya iritasi akibat virus terjadi karena kontak dengan pengidap iritasi. Sementara iritasi karena bakteri karena kurangnya menjaga kebersihan.

2. Lingkungan

Penyebab iritasi pada mata yang paling sering adalah lingkungan. Iritasi pada mata yang disebabkan oleh lingkungan menimbulkan gejala gatal dan juga kemerahan. Ada banyak faktor risiko yang memunculkan iritasi. Misalnya seperti serbuk sari bunga, asap kendaraan, polusi, dan lain sebagainya. Karena pengaruh lingkungan, cara mengobati iritasi juga lebih mudah. Anda bisa menggunakan obat tetes mata untuk menyembuhkan iritasi dan kemerahan.

3. Kelelahan

Selain lingkungan, aktivitas yang Anda lakukan juga bisa menyebabkan iritasi. Aktivitas yang paling sering membuat iritasi yaitu memakai komputer, HP, atau laptop dalam jangka waktu lama. Beberapa orang mungkin bekerja di depan laptop atau komputer sehingga sulit membatasi screen time. Jika iritasi karena hal tersebut, maka Anda harus mengistirahatkan mata di sela-sela waktu bekerja.

4. Bahan Kimia

Penyebab iritasi mata yang terakhir yaitu bahan kimia. Orang-orang yang bekerja di laboratorium atau pabrik bahan kimia sering mengalami iritasi mata. Oleh sebab itu, karyawan laboratorium wajib menggunakan kacamata khusus saat bekerja. Berbagai macam bahan kimia yang berisiko mengiritasi mata yaitu sulfur, timbal, karbon monoksida, arsenik, dan lain sebagainya.Itulah informasi mengenai 4 penyebab mata iritasi. Jika iritasi pada mata menyebabkan mata menjadi merah, Anda bisa memakai obat tetes mata yang memiliki kandungan tetrahydrozoline. Salah satu obat tetes mata yang populer dan banyak digunakan adalah Insto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *