Cara Merawat Anjing yang Tepat Agar Selalu Sehat

Kesehatan anjing peliharaan merupakan kebahagiaan bagi pemiliknya. Namun agar anabul kesayangan selalu sehat, pemiliknya memiliki peran penting dalam perawatannya. Cara merawat anjing yang tepat setiap waktu bisa membantu menjaga kesehatannya. Sebenarnya perawatannya tidak begitu sulit yaitu sebagai berikut:

Memberikan Makanan Bernutrisi

Hal terpenting yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan anjing adalah selalu memberikan makanan yang bernutrisi. Makanan tersebut bisa membantu anjing untuk selalu aktif bergerak. Adapun nutrisi yang dibutuhkan anjing yaitu lemak, protein, mineral, dan vitamin. Sesuaikan dengan kebutuhan anjing berdasarkan ras dan usia.

Mengajak Melakukan Latihan Fisik

Latihan fisik membuat tubuh anjing bergerak aktif sehingga mereka menjadi lebih sehat. Jika anabul Anda bukan tipe anjing yang aktif, cobalah mengajak mereka latihan fisik. Contohnya bermain bola, berlari, jalan-jalan, dan lain sebagainya. Selain membuat anjing aktif, latihan fisik juga membuat mereka lebih bahagia. 

cara merawat anjing

Menyikat dan Menyisir Bulu

Pada umumnya anjing memiliki bulu yang harus dibersihkan dan dirawat, meskipun ada juga yang tidak memiliki bulu. Pada anjing berbulu, pastikan Anda selalu menyikat dan menyisir bulunya secara rutin. Waspadai adanya kutu yang bisa mengganggu kesehatan.

Merawat Gigi

Selain bulu anjing, Anda juga harus melakukan perawatan pada gigi anjing. Pasalnya penyakit gigi dan gusi pada anjing bisa menyebabkan infeksi katup jantung apabila dibiarkan begitu saja. Pahami cara menyikat gigi anjing yang tepat untuk menjaga kesehatannya.

Menyediakan Kandang

Kandang adalah tempat beristirahat bagi anjing. Sediakan kandang yang nyaman, hangat, dan tenang. Bersihkan kandang secara teratur untuk menghilangkan kuman atau penyakit yang mungkin menempel.

Rutin ke Dokter untuk Cek Kesehatan dan Vaksin

Tips terakhir yang paling penting dilakukan untuk menjaga kesehatan anjing adalah mengecek kesehatan secara rutin ke dokter. Selain itu, Anda juga harus memberikan vaksin sesuai dengan saran dokter. Vaksin bisa mencegah penyakit berbahaya pada anjing seperti distemper, rabies, lyme, parvovirus, dan lain sebagainya.

Itulah cara merawat anjing yang tepat agar mereka selalu sehat. Untuk makanan yang bisa Anda berikan pada anabul adalah Royal Canin. Nutrisi yang terkandung di dalamnya disesuaikan dengan usia anabul. Lebih jelasnya mengenai produk Royal Canin ada di website www.royalcanin.com. Pilih produk yang sesuai dan lakukan pembelian secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *