Peran Penting Program Pinjaman Dari Bank Bagi Kemajuan Negara

Dalam suatu negara,  lemabaga keuangan memiliki peran yang sangat penting.  Hal ini karena dengan adanyalembaga keuangan maka masyarakat terbantu dalam hal pendanaan.  Sehingga negara pun terbantu dalam mengatur aktivitas keuangan masyarakat.  Apalagi lembaga keuangan memberikan jasa pinjaman dana kepada masyarakt,  hal inilah yang paling berperan dalam perkembangan suatu negara.  Kenapa demikian?  Inilah alasannya :

  • Meningkatkan perekonomian masyarakat 

Dengan adanya kemudahan akses bagi masyarakat untuk meminjam dana ke bank,  maka masyarakat yang hendak menjalankan suatu usaha akan terbantu dalam hal pendanaan.  Masyarakat tidak akan kesulitan ketika akan mengembangkan usahanyankarena ada modal yang bisa dipinjam di bank.  Dengan kelancaran usaha yang dijalankan oleh masyarakat maka secara otomatis perekonomian suatu negara juga akan semakin menibgkat dan itu membantu pemasukan negara juga.  Apalagi jika masyarakat bisa sampai mengembangkan usahanya ke tingkat ekspor barang. 

pinjaman
  • Menjadi solusi keuangan masyarakat 

Pemerintah tidak bisa menjamin masyarakatnya untuk kaya semua.  Namun dengan adanya lembaga keuangan seperti bank,  setidaknya masyarakat bisa tertolong dengan meminjam dana ketika terjadi kesulitan.  Namun meski demikian pemerintah juga harus emndukung pihak bank dengan menyediakan lembaga penjamin dan aturan hukum tertentu yang dapat membatasi pinjaman masyarakat supaya lebih terukur dan jelas. 

  • Mengatur jumlah uang beredar

Dengan adanya lembaga keuangan dan sistem peminjaman dana dari lembaga keuangan kepada masyarakat,  pemerintah juga akan terbantu dalam. Hal mengatur jumlah uang yang beredar di masyarakat sehingga infkasi pun dapat teratasi. 

  • Mengurangi tingkat kriminalitas

Dengana danya akses pengajuan pendanaan ke bank,  setidaknya masyarakat dapat mengatasi masalah keuangannya.  Jika keuangan masyarakat aman dan teratasi maka akan menekan tingkat kriminalitas ke titik yang lebih rendah.  Berbeda jika terjadi krisis keuangan di masyarakat maka tingkat kriminalitas akan sangat tinggi dan dapat mengganggu keamanan negara. 

Itulah beberapa hal yang menjadi peran penting bagi negara dari adanya program pinjaman dari lembaga keuangan seperti bank kepada masyarakat. Dengan hal tersebut maka negara akan sangat merasa terbantu. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *