Tips Merawat Kulit Kering dan Sensitif agar Tidak Ada Kulit Gatal

Merawat kulit kering dan sensitif memang memerlukan perhatian khusus agar kulit selalu lembap dan terhindar dari kulit gatal. Berikut ini beberapa tips praktis dari The American Academy of Dermatology Association dan Aveeno yang bisa kamu coba.

  1. Hindari Over-Cleansing

Cobalah pilih pembersih wajah atau tubuh yang lembut, tidak berbusa, dan bebas pewangi. Hindari mencuci wajah lebih dari dua kali sehari, karena over-cleansing bisa merusak minyak alami kulit dan memperburuk kekeringan serta iritasi.

  1. Batasi Waktu Mandi

Usahakan mandi tidak lebih dari 10 menit dengan air suam-suam kuku. Air panas bisa menyebabkan kulit kering lebih cepat dan memicu iritasi. Setelah mandi, tepuk kulitmu perlahan dengan handuk yang lembut untuk mengeringkannya.

  1. Mandi Oats

Oats atau gandum memiliki kandungan avenanthramides yang dapat mengurangi peradangan dan gatal. Kamu bisa mencoba mandi gandum di rumah dengan mencampurkan oatmeal halus ke dalam air mandi. Berendamlah selama 15 menit untuk hasil maksimal. Jika ingin yang lebih praktis, kamu bisa mencoba Aveeno® Skin Relief Body Wash, yang mengandung soothing oatmeal untuk melembapkan dan menenangkan kulit.

  1. Gunakan Pelembap

Segera setelah mandi, aplikasikan pelembap untuk mengunci kelembapan kulit. Pilih pelembap yang mengandung bahan seperti shea butter atau jojoba oil. Produk seperti Aveeno® Skin Relief Moisturizing Body Lotion sangat cocok karena dapat melembapkan kulit selama 24 jam tanpa pewangi.

  1. Hindari Bahan Iritan

Toner beralkohol, parfum, dan bahan iritan lain bisa memperparah kulit kering dan sensitif. Pilih produk yang diformulasikan khusus tanpa pewangi, paraben, dan sulfat.

  1. Gunakan Humidifier

Jika kamu sering berada di ruangan ber-AC, pastikan menggunakan humidifier untuk menjaga kelembapan udara. Ini bisa membantu mencegah kulit gatal dan kering.

  1. Pilih Pakaian yang Lembut

Gunakan pakaian berbahan katun atau sutra yang lembut di kulit. Hindari bahan sintetis yang dapat memperburuk iritasi pada kulit sensitif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *